Sabtu, 12 Oktober 2013

Tingkat Kehadiran Lansia ke Posyandu Belum Maksimal

Karang Bajo (KLU), SK -  Kader Posyansu Lansia Dusun Dasan Baro, Desa Karang Bajo Kecamatan Bayan Kabupaten Lombok Utara,  Ratsinem menngatakan, tingkat kehadiran lansia  usia 49 tahun ke atas datang ke posyandu  belum maksimal.

Hal tersebut dikemukakan Ratsinem pada saat melayani lansia di Posyandu Dasan Baro, 12/10/13.  Menurutnya, tingkat kehadiran lansia baru mencapai 30 persen dari 70 orang lansia.

“Di lima posyandu yang ada di Desa Karang Bajo biasa kita lihat yang hadir adalah para ibu hamil, bayi dan balita. Padahal pelayanan posyandu kita laksanakan satu kali sebulan,  untuk  meningkatkan derajat kesehatan masyarakat secara menyeluruh”, jelasnya.

 Selain itu para kader juga melayani posyandu lansia, namun yang hadir cukup minim, sehingga gerakan posyandu untuk lansia ini perlu terus di sosialisasikan.

Beberapa  petugas kesehatan  dari puskesmas Senaru Kecamatan Bayan Lombok Utara Hamdan Apipudin, A.Md.Kep, Srimuliani.S.Km dan  Riana,A.Md.Gz, mengharapkan kepada semua warga masyarakat Dusun Dasan Baro yang sudah Lanjut Usia agar tetap hadir Posyandu program ini semuanya geratis.

Sedangkan warga Dasan Bar, seperti  Inaq Jinot, Inaq Kajip, Amaq Kajip, Inaq Sebah dan inaq Sumanten yang hadir di posyandu lansia mengaku bersukur dan berterimakasih kepada petugas kesehatan baik itu kader posyandu, Pemerintah Desa dan Petugas Kesehatan dari Puskesmas Senaru yang mau membantu dan melayani mereka di posyandu.

“Kami orang tua yang tidak memiliki biaya untuk memeriksa kesehatan, tenaga dan pengeliatan kurang  dan tidak bisa pergi mencari obat ke puskesmas, tapi kami semua di kunjungi, mudah - mudahan kegiatan tetap jalan setiap bulan katanya”, harapnya.

Kepala Desa Karang Bajo. Kertamalip. minta kepada para orang tua lanjut usia untuk  hadir setiap bulan memeriksa kesehatannya, agar petugas yang melayani di posyandu lansia semakin semangat.

“Harapan kami kepada pemerintah Lombok Utara untuk memberikan perhatian kepada kader posyandu yaitu adanya penganggaran agar semua posyandu termasuk posyandu untuk lansia  dapat berjalan baik, sehingga kesehatan warga meningkat”, harap Kertamalip. (Lip/ari)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar